Friday 17 July 2009

Sehari Sebelum Pengumpulan Judul TA

Justify FullHari ini saya kembali ke kampus setelah kemarin-kemarin sempat terbaring lemas di tempat tidur karena kondisi tubuh yang kurang begitu bugar. Tapi untunglah saya bisa memulihkan kondisi tubuh saya sendiri dalam waktu kira-kira dua hari. Hari itu saya merasa sangat lemas dan meriang. Jadi yang saya lakukan cuma banyak istirahat, banyak minum air putih dan tidur tanpa AC, tapi pada akhirnya tetap menyalakan alat pendingin ruangan juga dengan suhu yang tidak terlalu dingin karena udaranya sudah mulai dipenuhi karbondioksida.

Tujuan saya ke kampus sebenarnya karena saya benar-benar kebingungan akan materi Tugas Akhir saya yang tak kunjung jelas mau dibuat seperti apa. Di satu sisi saya ingin membuat buku cerita bergambar dengan seri pelawak legendaris Srimulat, tapi kendalanya saya kurang begitu paham betul seluk beluknya dan juga saya rada malas membuat karakternya yang total berjumlah 38 orang termasuk si pendirinya sendiri yaitu Bapak Teguh Srimulat.

Alih-alih saya lebih tertarik untuk membahas tentang masalah politik yang mungkin sudah tidak pernah terdengar lagi kabarnya sekarang yaitu Munir. Mendiang Munir sebenarnya sudah saya kagumi ketika dia mulai bergerak dengan sangat kritis menjadi seorang yang sangat membela hak-hak asasi manusia dan menguak masalah-masalah korupsi yang seakan-akan dikubur dengan sangat dalam oleh pihak-pihak tertentu.

Tekad saya sudah bulat. Saya akan membuat buku biografi Munir, tentunya dengan ilustrasi seperti novel grafis tentunya. Belakangan ini saya menjadi sangat tergila-gila dengan novel grafis. Karena dengan sangat suksesnya saya diracuni oleh Bhakti melalui novel-novel grafis karya Marjane Satrapi yang saya pinjam. Seandainya saya mengenal novel grafis lebih awal lagi!

Dan akhirnya setelah berkonsultasi dengan Pak Adit saya pun mulai memiliki gambaran utuh akan konsep Tugas Akhir saya yang sudah semakin matang. Sangat berharap beliau bisa menjadi pembimbing saya! Langkah berikutnya tinggal mencari data-datanya lagi. Saya sangat berharap karya TA saya ini bisa menjadi sebuah karya yang bisa dikenang oleh orang banyak, tidak hanya sebuah karya TA yang hanya dipamerkan beberapa hari tapi bisa menjadi media yang bisa menginspirasi orang lain.

Hari ini sangat menyenangkan! Saya dan Bhakti diajak melihat-lihat kumpulan novel-novel grafis milik Pak Ade di kediamannya di Tebet. Sebelumnya kami sempat mampir dan menghabiskan waktu sekitar kira-kira 4 jam lebih untuk membaca-baca dan memperbanyak referensi di perpustakaan Ruang Rupa. Setelah itu baru kami melihat kediaman Pak Ade yang ternyata adalah sebuah apartemen. Gila koleksi bukunya banyak banget! Saya sangat iri sekali hahaha.

Saya pun meminjam sebuah buku yang tebalnya lumayan ampuh untuk menghajar seekor tikus sampai mampus yang berjudul The Best American Comics 2007 oleh Chris Ware, editor. Wah ilustrasinya keren-keren dari segala macam jenisnya dikumpulkan menjadi satu buku. Sangat ideal untuk referensi. Mantap! Oh ya sebelumnya saya juga meminjam buku-buku Pak Adit yakni, Pengumuman: Tidak Ada Sekolah Murah, Awas: Penguasa Tipu Rakyat oleh Eko Prasetyo & Terra Bajraghosa dan Komik Visioner - Penghancuran Rasialisme. Di bawah ini adalah gambar sampul bukunya:

(bener-bener the best!)

(mari menjadi kritis)

(gokil, konyol dan kreatif banget)

Jadi apakah besok Anda akan mengumpulkan Proposal Judul TA, Hendry? Tidak. Besok waktunya tidaklah cukup bagi saya untuk menyelesaikannya. Untungnya kampus tercinta memberikan sedikit kelonggaran jadi saya akan mengumpulkannya pada hari Selasa. Tugas Akhir saya datang!

No comments:

Post a Comment

tanggalkan malumu dan tulislah satu dua baris kata..